Langsung ke konten utama

Tips Jitu Melupakan Mantan Pacar


 
Setiap orang pasti tidak ingin merasakan patah hati akibat putus cinta, tetapi bila tangan takdir telah menghampiri, apa hendak dikata? Mau tidak mau, hidup terus berjalan. Kita harus move on agar tidak tenggelam dalam masa lalu. Bila tidak ingin terpuruk lebih jauh, kita harus mampu mengelolah hati kita agar patah hati tidak berdampak buruk bagi kesehatan jiwa raga dan juga kehidupan. Nah, Sahabat Puan, simak tips-tips berikut!


1.       Berhenti Berharap
Saat baru putus cinta, biasanya ada beberapa pasangan yang masih sayang sehingga masih mengharapkan mantan pacar akan mengajak balikan. Ingatlah! Ketika perpisahan sudah disepakati, berharap kepada mantan hanya akan menambah luka di hatimu semakin membuncah. Sebab bisa jadi, mantan sudah fokus dengan kehidupannya. Berhentilah berharap padanya mulai dari sekarang!

2.       Singkirkan Semua Barang Pemberian Mantan!
Pada awal pacaran dulu, biasanya mantan banyak memebrikan benda-benda berharga, seperti baju, boneka, buku, jam tangan, atau bahkan HP. Bila barang-barang tersebut masih ada di kamarmu, singkirkan sekarang juga dari pandangan! Hal ini agar Sahabat Puan tidak mengingat mantan saat melihatnya. Barang-barang tersebut bisa diletakkan di gudang atau diberikan kepada teman. Namun, bila kamu pernah diberikan benda-benda berharga seperti HP, cincin emas, dll., kamu dapat menjualnya dan mempergunakan uangnya untuk berbagai keperluan.

3.       Hindari Lagu Galau!
Ketika kita patah hati, biasanya melakukan apa-apa selalu nggak enak. Mau makan? Ingat mantan. Mau jalan-jalan-jalan? Ingat mantan. Mau beraktivitas lain? Ingat mantan. Kondisi ini merupakan hal yang wajar karena yang biasanya berdua, tiba-tiba sekarang kita menjadi sendiri. Nah, untuk menemani kesendirianmu, musik bisa menjadi teman baik yang menyenangkan. Namun, hindarilah mendengarkan lagu-lagu galau. Mendengar lagu-lagu galau, selain mengingatkan akan kesakitan masa lalu, juga akan membuat perasaanmu semakin tertekan dan tersiksa. Hapuslah airmatamu! Ingat, di luar sana masih banyak yang menginginkanmu!

4.       Singkirkan Semua Foto-foto Mantan dalam Gawai dan Medsosmu!
Bagi seseorang yang kasmaran, biasanya akan memasang foto mesra bersama kekasih sebagai wallpaper HP atau juga diabadikan di dalam album tertentu di media sosial. Agar tidak memunculkan ingatan tentang mantan, jika Sahabat Puan tidak ingin menghapus foto-foto mantan di memori HP, Sahabat Puan bisa memindahkan foto-foto mantan ke sebuah laptop atau bila perlu dihapu saja semuanya! Gantilah wallpaper HP dengan foto-fofo pemandangan yang menyejukkan! Hapus semua foto-foto mantan di medsosmu!

5.       Stop Komunikasi dengan Mantan!
Bila biasanya mantan selalu mengirimu pesan berupa perhatian-perhatian, sekarang itu semua tidak akan terjadi. Supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, blokir semua medsos mantan! Blokir semua medsos teman dekatnya yang sering mengunduh foto mantanmu! Blokir nomor HP-nya! Tindakan ini kedengarannya jahat, tetapi demi kebaikanmu, kamu harus tegas menentukan hidupmu!

6.       Jangan Mencari Tahu Kisah Hidup Mantan!
Terkadang, meski kita sudah memblokir semua medsosnya, tetap saja kita memiliki keinginan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan mantan. Berhentilah menanyakan kabar mantan kepada teman-temannya! Jangan membuka blokiranmu sehingga terkadang bisa mengintip aktivitas mantan. Ingatlah! Hal-hal yang kamu lakukan akan sia-sia. Bahkan, akan menambah rasa sakitmu saja.

7.       Perbanyaklah Aktivitas!
Mau tidak mau, di saat kita sedang menikmati waktu luang (hari libur) sendirian, biasanya bayangan mantan akan muncul dengan sendirinya di benak kita sehingga mengakibatkan baper berkepanjangan. Untuk menghindari saat-saat demikian, lakukanlah beberapa aktivitas yang bermanfaat. Misalnya membaca buku, menolong orang lain, atua bila kamu emmiliki hewan peliharaan, bermainlah dengan hewan peliharaanmu! Bermain dengan hewan peliharaan dapat mengurangi pikiran stres.

8.       Bersyukur dan Berdoa
Dalam usaha move on demi menapaki masa depan yang cemerlang, tentunya peran Tuhan sangatlah penting. Bersyukurlah dengan keadaanmu sekarang! Sebab bersyukur dapat membuat hati kita merasa tenang. Berdoalah kepada Tuhan agar hidupmu akan baik-baik saja.

9.       Lupakan Masa Lalu dan Ikhlaskan!
Saat kumpul-kumpul bersama teman, biasanya ada saja teman jahil yang meledekmu. Usahakan jaga hatimu semaksimal mungkin dan jangan baper berlebihan sampai mengganggu aktivitasmu! Lupakan masa lalu! Anggap saja mengenanlnya sebagai pengalaman. Ikhlaslah! Lepaskan segala belenggu rasa sakitmu! Jangan menyimpan dendam terhadap mantan karena hal itu akan membuatmu semakin tersiksa.

10.   Hindari Kontak Langsung Secara Berduaan dengan Mantan!
Bila kamu satu kelas dengan mantan di sekolah atau di kampus, usahakan hindari kontak langsung! Semisal ngobrol berdua. Tunjukkan bahwa dirimu bukan seseorang yang lemah! Tunjukkan bahwa dirimu baik-baik saja setelah putus dengannya! Atau bila kamu satu kantor dengan mantan, berbicaralah seperlunya saja (seputar urusan kantor).

11.   Ciptakan Sugesti Positif dan Terapkan Rumus Rahasia ini!
Bila kamu sudah melakukan cara-cara di atas, namun belum berhasil juga, ciptakanlah sugesti positif dalam dirimu. Katakan di dalam hati, “Aku seorang yang kuat. Semuanya akan baik-baik saja!” Ucapkan kata-kata tersebut saat kegalauan dan kesakitan menghampirimu. Kamu juga bisa menggunakan rumus rahasia ini. Patah hati hanya mungkin ada bagi seseorang yang menginginkannya. Bila kamu tidak menginginkan patah hati itu ada, ia takkan mungkin muncul dan menyakitimu! Katakan pada dirimu bahwa patah hati tidak ada dalam kamusmu.

12.   Sayangi Dirimu!
Ketika hatimu berangsur pulih, teruslah berpikir positif agar seluruh isi alam merespons pikiran positifmu! Selektiflah dalam memilih cinta yang mulai menghampiri! Sayangi dirimu dan katakan kepada dunia bahwa hidupmu jauh lebih baik tanpanya. Buang jauh segala pikiran negatif dan ucapkanlah selamat tinggal apda masa lalu!


Jerambah Bolong
Rini Febriani Hauri

NB: Tulisan ini pernah dimuat di puan.co 25 Agustus 2017 sila klik http://puan.co/2017/08/tips-jitu-melupakan-mantan-pacar/ !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jepang I

diambil dari catatan Facebook, 17 Agustus 2010         Pepatah dalam bahasa Jepang disebut kotowaza (ことわざ)salah satunya nih, iwanu ga hana いわぬ が 花 artinya, tidak bicara itu bunga, maksudnya  diam adalah emas. "Aite no nai kenka wa dekinu" artinya Orang tak bisa bertengkar tanpa musuh. "Shippai wa seikou no moto" artinya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda "Hito no uwasa mo shici jyu go nichi"  (人の噂も七十五日) artinya, gosip/rumor hanya bertahan selama 75 hari alias gosip/rumor tidak akan bertahan lama.  "Sarumo ki kara ochiru" 猿も木から落ちる  artinya kera juga bisa jatuh dari pohon.  Sama artinya dengan sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga "Baka mo ichi-gei" 馬鹿 も いちげい artinya, orang bodoh pun punya kelebihan/kebaikan "Arashi no ato, sora ni niji ga kakarimashita" artinya Badai pasti berlalu "Onna sannin yoreba kashimashii" artinya: di mana pun ketika ada t

Buku Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia

Oleh: Tri Wahyuni Zuhri Judul  : Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia Penulis : Kurniawan Junaedhie Penerbit : Kosa Kata Kita Jakarta Jumlah hlm. : 338 Tahun : 2012 Buku yang di tulis oleh Kurniawan Junaedhie dan di terbitkan oleh Kosa Kata Kita Jakarta, memang cukup banyak di cari. Terutama karena buku ini memuat sekitar 800-an lebih profil perempuan pengarang dan penulis Indonesia.  Sejak zaman Saadah Alim, perempuan pengarang kelahiran 1897, hingga Sri Izzati, pengarang kelahiran 1995. Dalam kata pengantar di buku ini, Kurniawan Junaeid menjelaskan alasannya membuat buku Profil Perempuan Pengarang dan Penulis Indonesia.  Selama ini masih sedikit sekali buku  literatur yang menjelaskan sepak terjang perempuan pengarang dan penulis di Indonesia.  Sebut saja buku-buku tersebut antara lain Leksikon Kesustraan Indonesia Modern Edisi Baru (Djambatan, 1981) di susun oleh Pemusuk Eneste, Leksikon Susastra Indonesia (Balai Pustaka, 2000) yang di su

Puisi-Puisi William Butler Yeats Terjemahan Rini Febriani Hauri

Ketika Kau Menua KETIKA kau menua, kelabu dan pengantuk, terangguk-angguk di dekat pendiangan, ambillah buku ini, bacalah pelan-pelan dan khayalkan pandangan matamu, yang dahulu lembut dan bayangannya yang dalam; betapa banyak yang  mengagumi saat-saat riangmu, dan mencintai kemolekanmu dengan cinta murni ataupun palsu tetapi seorang lelaki mencintai  kesalehan di dalam dirimu, dan mencintai kemurungan roman wajahmu yang silih berganti; sambil membungkuk di samping besi pendiangan yang berkilauan bara api bergumam, sedikit sedih, betapa cinta terbang dan melayang ke atas puncak gunung nun jauh di sana lalu menyembunyikan wajahnya di tengah kerumunan bintang-bintang 1919 Menjelang Fajar KEMBARAN mimpikukah ini? perempuan yang lelap terbaring di sisiku dan bermimpi ini, ataukah kami telah membelah mimpi dalam naungan kilauan dingin pertama hari ini? pikirku: ‘Ada air terjun di sisi Ben Bulben yang kusayang sepanjang masa kecilku;

Rise For Holiday