Langsung ke konten utama

Diversifikasi Kreativitas Seniman Jambi Pameran Kartun ; Sejarah Baru Seni Rupa Jambi




“ Kubayangkan di balik cakrawala ada dunia lain yang ingin saya lihat, sehingga impian masa kecil saya (adalah) ingin sekali menjadi masinis karena bisa menikmati perjalanan jauh.” (GM Sudarta)

Membaca pernyataan GM Sudarta, Karikaturis yang telah malang melintang di Kompas sejak tahun 1967, membuat memori kita sejenak kembali kepada impian-impian masa kecil kita. Semua orang boleh bermimpi. Setiap orang boleh berusaha. Hanya saja sejauh mana kemampuan kita dalam menjangkau dan merealisasikan mimpi-mimpi kita. Semua tergantung dari kerja keras dan jalan Tuhan.

Mimpi-mimpi yang dulu hanya sebatas bunga tidur, kini dapat terwujud dalam bentuk pameran kartun dengan tema Gado-gado Kartun Ala Jambi – begitulah ucap Edi Dharma, ketua Himpunan Seni Rupa Indonesia Provinsi Jambi (HSRI-J) – yang menjadi salah seorang penggagas diadakannya pameran tersebut. Namun, masih banyak mimpi yang hingga saat ini belum tergenggam dan masih terpelihara di angan-angan.

Jakob Oetama pernah berkata, ”Tugas pers bukan untuk mengubah pendapat orang lain, bukan untuk mendobrak atau revolusi, melainkan untuk menyampaikan misi kebaikan.” Hal itulah yang sampai sekarang menjadi kredo bagi GM Sudarta dalam membuat kartun.

Pada dasarnya seorang karikaturis adalah seorang wartawan gambar. Sementara seorang kartunis dapat mengubah dunia dengan gambar. Sebagai contoh Walt Disney –  namanya sangat dikenal di seantero dunia.

 Lain GM Sudarta – lain pula kredo Edi Dharma. Kredo berkesenian Edi Dharma dalam mencipta kartun, yakni mencari jawaban tentang diri menuju keseimbangan hakiki dalam visual rupa.

Digelarnya pameran kartun mulai dari 20 – 26 Mei 2011 di gedung Prosenium Gos Kambang untuk pertama kalinya di negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah menorehkan sejarah baru bagi perkembangan kartun Jambi. Kegiatan ini tak lain – tak bukan sebagai wujud apresiasi dari kerja sama yang apik antara Himpunan Seni Rupa Indonesia Provinsi Jambi (HSRI-J), Taman Budaya Jambi (TBJ), dan komunitas kartun Rumah Combi dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-103.  Diharapkan – sejarah baru ini merupakan tonggak awal bangkitnya dunia kartun di provinsi Jambi.
***

Antara kartun dan karikatur tentulah dua hal yang sangat berbeda meski sedkit memiliki persamaan. Bila kartun hanya merupakan sebuah gambar lucu yang menceritakan tentang sesuatu hal, karikatur lebih merujuk ke sebuah gambar lucu yang berisi satire, sindiran, kritik jenaka, anekdot, ejekan yang dilebih-lebihkan yang dikaitkan dengan seputar peristiwa hangat yang tengah terjadi di negeri ini. Karikatur merupakan bagian dari kartun. Dan – bukanlah hal baru lagi bila media memberi ruang bagi para kartunis dan karikaturis.

Sejarah mencatat, karikatur menjadi saksi bagi perjalanan bangsa di beberapa negara. Bangsa Mesir Kuno misalnya telah mengenal seni karikatur pada zaman firaun untuk mengkritik pemerintahan depostik. Disusul pula Yunani dan Belanda di abad ke-17. Inggris di awal abad ke-18, Perancis di abad ke – 19, dan berkembang pesat di AS pada abad ke-20. Hingga akhirnya lahirlah sosok maskot karikatur di negara kita karya GM Sudarta di Kompas, yakni Oom Pasikom. Sementara kartun memiliki ruang tersendiri, khususnya di dunia anak-anak.

Kecerdasan dan kemahiran seorang karikaturis dapat dilihat dari kekuatan dalam menciptakan garis dan memadupadankan dalam visual gambar terhadap situasi yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Seperti perbincangan saya dengan Pak Fauzi, ketua Sanggar Lukis Tanah Pilih beberapa minggu lalu. Garis adalah sebuah perjalanan jiwa. Tak ada ilmu pasti di dalam kesenian. Begitulah, pesan yang bisa saya ambil. Sebab – saya adalah orang yang sangat awam dalam seni rupa. Meski pernah beberapa kali belajar melukis.

Dalam pameran gado-gado kartun ala Jambi ini, Edi dharma  tergolong pelaku seni rupa yang serba bisa. Selain melukis, juga bisa membuat kartun. Sejumlah karya Edi  Dharma dapat dilihat antara lain bergenre kartun, komik sejarah Jambi dan karikatur. Sementara Bona Pakpahan, Syafrin, Yanto, dan Ella lebih condong ke wilayah kartun. Media yang digunakan antara lain di atas kanvas, banner, dan digital painting. Masyarakat dapat menilai dan mengapresiasi sendiri – nilai estetika dan stilistika seni serta pesan yang terkandung di dalamnya.

***

Berangkat dari hal tersebut – alangkah lebih baiknya bila tokoh-tokoh sejarah dan kebudayaan Jambi diangkat dan dibukukan dalam bentuk komik/kartun. Agar para generasi muda Jambi lebih dini mengenal dan mencintai sejarah dan kebudayaan tempat tinggalnya. Kalau bukan kita – warga Jambi yang membangun dan memelihara kebudayaan kita, siapa lagi yang bisa kita andalkan ? Namun, semua itu kembali lagi kepada siapa dan bagaimana konsep tersebut bisa dijalankan dan diamanatkan. Semua pelaku dan penikmat seni tentunya sangat mendukung adanya peran serta itu.

Selanjutnya – semoga ke depan ajang pameran seni rupa dapat digelar setiap tahun di provinsi Jambi. Sebab – menurut pengamatan saya dua tahun terakhir tak ada pagelaran pameran seni rupa seperti ini. Yang selalu up to date dan aktif diselenggarakan hanya seni pertunjukan. Semoga bisa menjadi pembelajaran agar pelaku seni di bidang seni rupa dapat mengimbangi seni pertunjukan di provinsi Jambi. Bagi siapapun pencinta seni – mari kita dukung para seniman-seniman Jambi agar terus berkarya membangun dan memajukan Jambi.

Dan, perjalanan hidup di dalam kartun, yang harus saya tempuh ini masih sangat jauh. Karena masih ada perjalanan lain yang harus saya tempuh, yakni perjalanan menuju dunia lain di balik cakrawala ! (GM Sudarta)


***

Tulisan ini dimuat di koran Jambi Independent pertanggal 29 Mei 2011. 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jepang I

diambil dari catatan Facebook, 17 Agustus 2010         Pepatah dalam bahasa Jepang disebut kotowaza (ことわざ)salah satunya nih, iwanu ga hana いわぬ が 花 artinya, tidak bicara itu bunga, maksudnya  diam adalah emas. "Aite no nai kenka wa dekinu" artinya Orang tak bisa bertengkar tanpa musuh. "Shippai wa seikou no moto" artinya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda "Hito no uwasa mo shici jyu go nichi"  (人の噂も七十五日) artinya, gosip/rumor hanya bertahan selama 75 hari alias gosip/rumor tidak akan bertahan lama.  "Sarumo ki kara ochiru" 猿も木から落ちる  artinya kera juga bisa jatuh dari pohon.  Sama artinya dengan sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga "Baka mo ichi-gei" 馬鹿 も いちげい artinya, orang bodoh pun punya kelebihan/kebaikan "Arashi no ato, sora ni niji ga kakarimashita" artinya Badai pasti berlalu "Onna sannin yoreba kashimashii" artinya: di mana pun ketika ada t

Buku Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia

Oleh: Tri Wahyuni Zuhri Judul  : Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia Penulis : Kurniawan Junaedhie Penerbit : Kosa Kata Kita Jakarta Jumlah hlm. : 338 Tahun : 2012 Buku yang di tulis oleh Kurniawan Junaedhie dan di terbitkan oleh Kosa Kata Kita Jakarta, memang cukup banyak di cari. Terutama karena buku ini memuat sekitar 800-an lebih profil perempuan pengarang dan penulis Indonesia.  Sejak zaman Saadah Alim, perempuan pengarang kelahiran 1897, hingga Sri Izzati, pengarang kelahiran 1995. Dalam kata pengantar di buku ini, Kurniawan Junaeid menjelaskan alasannya membuat buku Profil Perempuan Pengarang dan Penulis Indonesia.  Selama ini masih sedikit sekali buku  literatur yang menjelaskan sepak terjang perempuan pengarang dan penulis di Indonesia.  Sebut saja buku-buku tersebut antara lain Leksikon Kesustraan Indonesia Modern Edisi Baru (Djambatan, 1981) di susun oleh Pemusuk Eneste, Leksikon Susastra Indonesia (Balai Pustaka, 2000) yang di su

Puisi-Puisi William Butler Yeats Terjemahan Rini Febriani Hauri

Ketika Kau Menua KETIKA kau menua, kelabu dan pengantuk, terangguk-angguk di dekat pendiangan, ambillah buku ini, bacalah pelan-pelan dan khayalkan pandangan matamu, yang dahulu lembut dan bayangannya yang dalam; betapa banyak yang  mengagumi saat-saat riangmu, dan mencintai kemolekanmu dengan cinta murni ataupun palsu tetapi seorang lelaki mencintai  kesalehan di dalam dirimu, dan mencintai kemurungan roman wajahmu yang silih berganti; sambil membungkuk di samping besi pendiangan yang berkilauan bara api bergumam, sedikit sedih, betapa cinta terbang dan melayang ke atas puncak gunung nun jauh di sana lalu menyembunyikan wajahnya di tengah kerumunan bintang-bintang 1919 Menjelang Fajar KEMBARAN mimpikukah ini? perempuan yang lelap terbaring di sisiku dan bermimpi ini, ataukah kami telah membelah mimpi dalam naungan kilauan dingin pertama hari ini? pikirku: ‘Ada air terjun di sisi Ben Bulben yang kusayang sepanjang masa kecilku;

Rise For Holiday