Langsung ke konten utama

Matinya Sastra Cyber ? Surat Terbuka untuk Diendra


Keberadaan cyber sastra tidak bisa lagi ditolak dalam kancah kesusastraan modern walaupun masih banyak kalangan yang memperdebatkannya. Diakui atau tidak, masyarakat telah mengakui bahwa secara faktual telah muncul media alternatif yang dianggap baru untuk menyalurkan karya sastra (Anggoro, 2004 : 33-34).

Membicarakan kelemahan dan kelebihan sastra cyber bukanlah hal baru lagi bagi dunia kepenulisan sastra. Bahkan bisa dibilang basi. Sebab hal tersebut telah lama menjadi perbincangan hangat para sastrawan  maupun awak media - sejak hadirnya sastra cyber itu sendiri.

Anita Lindawati menyatakan momentum awal berkembangnya sastra cyber di Indonesia, ketika buku yang cukup menghebohkan dunia kesusateraan Indonesia diluncurkan oleh Yayasan Multimedia Sastra berjudul Graffiti Gratitude. Rabu, 9 Mei 2001 lalu.  Sejak saat itu, melalui situs www.cybersastra.net, beragam blog, milis dan situs pertemanan, sastra cyber semakin berkembang dan mendapat tempatnya hampir di semua kalangan, bahkan berhasil membentuk jaringan antar sastrawan di seluruh tanah air.

Berangkat dari hal tersebut belumlah basi - bila kita sedikit memperbicangkan situs web www.angsoduo.net yang dua bulan lalu melakukan relaunching di Taman Budaya Jambi dengan slogan ’anti sampah bukan tong sastra’. Situs tersebut tak lain merupakan salah satu media sastra on line yang berupaya menghidupkan kembali cyber sastra yang selama ini mati suri di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Selain itu juga - memantau perkembangan penulis muda berbakat di Jambi.

Membaca essai karya Deindra Daya Islamil yang terbit di rubik horison koran Jambi Independent per tanggal 06 Maret 2011 lalu – menggelitik hati saya untuk melahirkan tulisan ini. Di dalam essainya Deindra mengajukan sebuah pertanyaan dan beberapa pernyataan - yang mungkin selama ini telah menjadi sesosok momok yang selalu menari bahkan mungkin menghantui jalan pikirannya.

Pertanyaan itu adalah *”Siapakah yang dapat memberikan jawaban apa bedanya sastra cyber dengan tong sastra?”  Dan Deindra juga menyatakan *”Terlebih lagi dalam mempublikasikan tulisan-tulisan di dalam sastra cyber, sensor dan peranan dewan redaksinya sama sekali tidak ada batasan. Walhasil, tulisan tersebut terkadang menjadi tulisan yang tak lazim  jika kudu ditinjau dari sastra itu sendiri dan kualitas sastra pada mestinya.” 

Baiklah, saya akan  memberikan tanggapan terhadap pertanyaan dan pernyataan tersebut.  Dunia kepenulisan sastra cyber bukan hanya terpaut pada tulisan yang memang sengaja di publikasikan di note situs jejaring sosial atau sebatas pada blog pribadi. Yang hanya untuk koleksi pribadi semata. Meski – isi di dalamnya tergantung dari pembawaan diri si penulis. Apakah karyanya hanya sebatas sampah ?Ataukah berkualitas ? Semuanya kembali kepada siapa yang mengapresiasinya. Bukankah semua orang bebas mengapresiasi hasil karyanya di cyber sastra?

Hemat saya, cyber sastra merupakan karya sastra yang ada di jagat internet. Namun masalah keterbacaan sastra cyber tidak berangkat dari sana saja. Sastra cyber tentunya memiliki peranan penting - yang ibarat vitamin dan pil penyegar bagi penikmat dan penggiat sastra di negri merah putih ini. Hal ini dapat dilihat dari situs web sastra yang didalamnya terdapat kaidah-kaidah yang jelas memiliki batasan sensor.

Tak banyak berbeda dengan rubrik sastra yang acap kali hadir tiap minggu di media cetak.  Untuk lolos terbit di media cetak ada beberapa tahapan  yang harus dilewati  terlebih dahulu. Sebab mereka memiliki dewan redaktur dengan selera berbeda pada tiapnya. Hal demikian berlaku pula dalam situs web sastra berkualitas yang ada di tanah air. Meski perbedaan hanya terpaut pada media, keduanya memberikan sumbangsih sastra ke kancah yang lebih luas.

Contoh konkret website www.angsoduo.net. Di dalamnya terdapat tiga redaktur sekaligus - penyeleksi layak tidaknya tulisan tersebut muncul di laman situs web sastra Jambi yang lahir kembali pada 11-01-2011. Masing-masing bertugas sesuai bidangnya. Ratna Dewi – redaktur Essai, M.husairi (Ce’ Gu) – redaktur puisi dan Nurul Fahmi – redaktur cerpen. Situs cyber sastra lain yang serupa dapat dilihat pada www.tamanbudayajambi, www.kompas.com, www.Fordisastra.com, www.Rumahpuitika.com,  www.Situseni.com, www.Poetikaonline.com , www.kopisastra.org, dan masih banyak lagi.

Nurul Fahmi, salah seorang redaktur cerpen dari situs www.angsoduo.net pernah mengutarakan Slogan ’ tong sastra’ diciptakan agar memberikan kesan mendalam kepada seluruh penggiat dan penikmat sastra bahwasanya karya sastra yang akan dimuat - hanyalah tulisan berbibit-bobot baik ditilik dari segi kualitas, mutu maupun kuantitasnya. Jadi, menurut saya karya sastra yang lolos seleksi bukanlah *karya sastra asal jadi karena alasan keuniversalan itu sendiri. Mungkin, kita akan banyak menemui tulisan asal jadi tersebut di dalam blog milik pribadi yang memang sama sekali tak ada campur tangan dewan redaktur.

 
Kemudian, Deindra memberikan sedikit sumbangsih pikiran yang antara lain *”Opsi yang paling bijak untuk pengembangan sastra adalah menggabungkan peranan internet dan meningkatkan mutu tulisan dengan banyak melakukan studi kepenulisan di internet.”

Bukankah belajar bersastra bisa dilakukan dimana saja - tidak sebatas dari internet belaka. Kita bisa otodidak membaca buku mengenai kepenulisan sastra di perpustakaan, belajar dari guru Bahasa dan Sastra Indonesia, belajar langsung dari orang yang ahli menulis sastra atau studi langsung di civitas akademika berbau sastra.

Dari semua yang telah ditulis, Aku hanya mencintai apa yang ditulis seseorang dengan darahnya. Menulislah dengan darah dan Kau akan dapati bahwa darah itu adalah roh. Demikian Sabda Zarathustra (Nietzsche, 2010 : 90)

***

Tulisan saya  ini dimuat di koran jambi Independent pertanggal 20 Maret 2011. bentuk fisiknya tidak ditemukan.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jepang I

diambil dari catatan Facebook, 17 Agustus 2010         Pepatah dalam bahasa Jepang disebut kotowaza (ことわざ)salah satunya nih, iwanu ga hana いわぬ が 花 artinya, tidak bicara itu bunga, maksudnya  diam adalah emas. "Aite no nai kenka wa dekinu" artinya Orang tak bisa bertengkar tanpa musuh. "Shippai wa seikou no moto" artinya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda "Hito no uwasa mo shici jyu go nichi"  (人の噂も七十五日) artinya, gosip/rumor hanya bertahan selama 75 hari alias gosip/rumor tidak akan bertahan lama.  "Sarumo ki kara ochiru" 猿も木から落ちる  artinya kera juga bisa jatuh dari pohon.  Sama artinya dengan sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga "Baka mo ichi-gei" 馬鹿 も いちげい artinya, orang bodoh pun punya kelebihan/kebaikan "Arashi no ato, sora ni niji ga kakarimashita" artinya Badai pasti berlalu "Onna sannin yoreba kashimashii" artinya: di mana pun ketika ada t

Buku Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia

Oleh: Tri Wahyuni Zuhri Judul  : Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia Penulis : Kurniawan Junaedhie Penerbit : Kosa Kata Kita Jakarta Jumlah hlm. : 338 Tahun : 2012 Buku yang di tulis oleh Kurniawan Junaedhie dan di terbitkan oleh Kosa Kata Kita Jakarta, memang cukup banyak di cari. Terutama karena buku ini memuat sekitar 800-an lebih profil perempuan pengarang dan penulis Indonesia.  Sejak zaman Saadah Alim, perempuan pengarang kelahiran 1897, hingga Sri Izzati, pengarang kelahiran 1995. Dalam kata pengantar di buku ini, Kurniawan Junaeid menjelaskan alasannya membuat buku Profil Perempuan Pengarang dan Penulis Indonesia.  Selama ini masih sedikit sekali buku  literatur yang menjelaskan sepak terjang perempuan pengarang dan penulis di Indonesia.  Sebut saja buku-buku tersebut antara lain Leksikon Kesustraan Indonesia Modern Edisi Baru (Djambatan, 1981) di susun oleh Pemusuk Eneste, Leksikon Susastra Indonesia (Balai Pustaka, 2000) yang di su

Puisi-Puisi William Butler Yeats Terjemahan Rini Febriani Hauri

Ketika Kau Menua KETIKA kau menua, kelabu dan pengantuk, terangguk-angguk di dekat pendiangan, ambillah buku ini, bacalah pelan-pelan dan khayalkan pandangan matamu, yang dahulu lembut dan bayangannya yang dalam; betapa banyak yang  mengagumi saat-saat riangmu, dan mencintai kemolekanmu dengan cinta murni ataupun palsu tetapi seorang lelaki mencintai  kesalehan di dalam dirimu, dan mencintai kemurungan roman wajahmu yang silih berganti; sambil membungkuk di samping besi pendiangan yang berkilauan bara api bergumam, sedikit sedih, betapa cinta terbang dan melayang ke atas puncak gunung nun jauh di sana lalu menyembunyikan wajahnya di tengah kerumunan bintang-bintang 1919 Menjelang Fajar KEMBARAN mimpikukah ini? perempuan yang lelap terbaring di sisiku dan bermimpi ini, ataukah kami telah membelah mimpi dalam naungan kilauan dingin pertama hari ini? pikirku: ‘Ada air terjun di sisi Ben Bulben yang kusayang sepanjang masa kecilku;

Rise For Holiday