Langsung ke konten utama

Permainan Bahasa Lokal dalam Cerita Anak Milenial


Sebelum berbicara serius tentang buku yang akan dibahas pada opini kali ini, mungkin ada baiknya saya mengucapkan selamat pada penulis. Sebab, buku itu mengantarkannya menjadi nomor satu dalam sebuah kompetisi. Saya tahu, untuk berada pada posisi jawara ia harus menyepi beberapa waktu ke sebuah kampung. Ya, memang tidak mudah untuk sekadar menjadi penulis cerita anak.
Kesulitan itu juga dirasakan kawan saya dari Blitar ketika mengikuti pelatihan penulisan cerita fiksi dan non fiksi tingkat Jawa Timur di Batu baru-baru ini. Butuh kesabaran dan dedikasi untuk menghasilkan cerita yang bagus. Apakah setiap orang bisa menulis? Saya kira iya, tinggal sekarang pertanyaannya: seberapa seringkah mereka melatih kepekaan dalam mengolah rasa dan menyusun kalimat?.
Rini Febriani Hauri adalah nama yang tidak asing di telinga saya. Kemampuannya dalam mengolah kalimat hingga menjadi bait-bait cerita yang rancak sudah tidak diragukan. Opini ini tidak bermaksud mencari titik lemah karangannya, melainkan sekadar apresiasi dari sahabatnya di Banyuwangi.
Kurang Beruntung
Saya mungkin tergolong orang yang kurang beruntung. Ada beberapa sebab sehingga menjadikannya demikian. Pertama, ketika kecil saya jarang dibacakan cerita anak oleh orangtua. Kedua, meski chatinghampir setiap hari tetapi saya belum pernah bertemu dengan Rini. Bagi sebagian orang ini aneh dan menggelikan. Atau mungkin mereka akan bilang ‘sok kenal dan sok dekat’.
Meskipun belum pernah bertemu tetapi saya berusaha paham dengan karakter dan pemikiran Rini lewat karya-karyanya. Suatu Sore, Bersama Jassin adalah karya pertama yang saya baca. Melalui puisi-puisi yang ada di dalamnya, ia ingin menyampaikan sebuah pesan rindu. Rindu ini tidak sebatas pada seorang kekasih tetapi rindu di antara masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Saya menikmati permainan bahasanya yang renyah dicerna. Walaupun terkadang ia menggunakan istilah kurang puitis –cagar budaya contohnya– namun bukan berarti tidak memiliki makna dan arti.
Bahasa Lokal
Kesan pertama yang saya tangkap ketika membaca kumpulan cerita anak berjudul Lubuk Bumbun ini adalah kaya akan istilah-istilah bahasa lokal. Melalui cerita karangannya, Rini ingin mempopulerkan kembali istilah-istilah lokal yang nyaris hilang dalam pergaulan. Contoh istilah lokal yang ada di dalam karangan itu seperti ladam dan pelanduk. Padahal istilah-istilah itu masih tercantum dalam kamus bahasa Indonesia.
Selain itu, ia juga memberi negasi penggunaan kata dalam bahasa Indonesia yang asal-asalan. Negasi itu terlihat dalam kalimat ‘hujan semakin lebat, tetapi hujan tidak bisa deras. Deras itu milik aliran air. Seperti air sungai yang deras. Jadi, bahasa yang baik itu hujan lebat bukan hujan deras.
Meski banyak menggunakan bahasa lokal tetapi ia tidak lupa untuk memberi penjelasan secara sederhana. Oh iya, kata Sang Tangan Besar, ladam adalah salah satu kosakata lama yang sudah jarang digunakan lagi. Tetapi kosakata ini masih ada dalam kamus bahasa Indonesia. Nah, orang-orang kampung di sini menyebutnya dengan tapal kuda. Tapal kuda adalah besi bekas sepatu kuda berbentuk huruf U. Cara yang cukup cerdik untuk menjebati para pembaca buku yang rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar dan menengah.
Serupa Beda Arti
Jika boleh jujur, peristiwa keterasingan bahasa semacam itu tidak hanya didera oleh Jambi saja. Jawa pun hingga sekarang mengalami hal serupa. Bahkan, bahasa kami itu hampir dihapus dari mata pelajaran sekolah. Kemarin ketika saya bertemu dengan adik kelas, kami sempat memperbincangkan soal penggunaan bahasa Jawa yang salah kaprah. Kebetulan ia dulu kuliah di program studi bahasa Jawa.
Tanpa sadar orang Jawa zaman sekarang menggunakan bahasa yang salah kaprah (keliru tapi dibenar-benarkan). Kata réncang sering diartikan oleh banyak orang sebagai teman. Padahal jika dilihat kembali di dalam Bausastra Jawa arti kata ini yang sesungguhnya adalah batur atau réwang (pembantu). Artinya, kata tersebut telah mengalami penurunan makna. Sama seperti kata wanita dalam kumpulan cerita anak Lubuk Bumbun. Lalu si Tangan Besar menjelaskan padaku kalau kata wanita memiliki arti yang lebih sopan daripada perempuan. Untuk orang-orang yang kau hormati, kau bisa menyebutnya wanita bukan perempuan.
Bahasa lokal yang digunakan Rini dalam karangannya lebih banyak bahasa daerah Jambi. Namun di antaranya saya menemukan istilah serupa yaitu ambung, yang masih digunakan dalam bahasa Jawa hingga kini tetapi beda arti. Kata ini dalam bahasa daerah Jambi diartikan keranjang dari rotan yang dipakai penduduk kampung ketika pergi ke sawah. Sedangkan, kata ambung dalam bahasa Jawa artinya tumèmpèling irung ing pipi (melekatnya hidung di pipi) atau mencium pipi seseorang dengan hidung.
Selain kata ambung ada kata lain yang sama dalam pengucapan maupun artinya yaitu dalu. Kata dalu baik dalam bahasa Jambi maupun Jawa sama-sama diartikan sebagai malam. Hubungan yang cukup erat antara Jambi dan Jawa digambarkan Rini dalam cerita melalui kalimat: juga, dulu ada seorang putri yang cantik jelita bernama Putri Pinang Masak. Kulit tubuhnya putih kemerah-merahan seperti kulit buah jambé/buah pinang yang sudah masak. Karena kecantikan putri ini terdengar sampai kerajaan Jawa, raja-raja Jawa lantas menyebut Putri Pinang Masak tinggal di Kerajaan Jambé. Lama-lama sebutan jambé berubah menjadi jambi.
Memang benar kata jambé dalam bahasa Jawa juga diartikan sebagai wohé pucang atau buah pinang yang sudah masak. Kalimat ‘lama-lama sebutan jambé berubah menjadi jambi’.di atas mengingatkan saya bahwa dalam bahasa Jawa dikenal istilah ‘i’ jêjêg (tegak) yaitu vokal ‘i’ dibaca semestinya. Contoh, kata ‘mati’ baik penulisan dan pengucapannya juga sama ‘mati’. Lain halnya dengan ‘i’ miring antara penulisan dengan pengucapan tidak sama, contohnya ditulis sapih namun diucapkan sapéh yang artinya pisah (untuk menerangkan ketika anak tidak diberi ASI lagi oleh ibunya).

Tanda Diakritik
Selain kelebihan yang sudah dibahas sebelumnya, cerita anak ini tidak luput dari kekurangan karena orang jarang memperhatikan yaitu tanda diakritik. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, diakritik adalah tanda tambahan pada huruf yang sedikit banyak mengubah nilai fonetis huruf itu. Contoh, kata pedeh dan dereh pada kalimat ‘Selain paneh berarti panas, ada juga pedeh berarti pedas dan dereh berarti deras’. Apakah pengucapan kedua kata tersebut sama seperti dalam bahasa Jawa yaitu pêdhês untuk pedas dan dêrês untuk deras. Dimana pengucapannya seperti huruf ‘e’ pada kalimat ‘melambai’?.
Tanda diakritik ini penting dicantumkan untuk memberi penegasan dalam pengucapan dan arti (khususnya bagi orang dari luar daerah Jambi seperti saya). Tidak dimungkiri bahwa hal sederhana semacam ini sering dilupakan oleh orang Jawa ketika menulis. Satu kata lokal yang ada dalam kumpulan cerita anak Lubuk Bumbun dan maknanya sama yaitu teklek. Kata ini baik dalam bahasa Jambi maupun Jawa maknanya adalah alas kaki.
Selain itu, baik dalam bahasa Jambi maupun Jawa kata teklek masing-masing memiliki istilah lain. Berkaitan dengan hal ini, Rini lewat karangannya mengatakan bahwa terompah itu kosakata lama yang jarang dipakai lagi, tetapi masih ada di dalam kamus bahasa Indonesia. Orang-orang kampung menyebutnya bakiak atau sandal teklek. Nah, meski mungkin pengucapannya sama namun dalam bahasa Jawa penulisan kata tersebut sedikit berbeda. Jika dibarengi dengan penulisan dan diakritik yang benar maka akan seperti ini: thèklèk. Atau orang Jawa juga menyebutnya dengan nama gapyak, sebuah kosakata lama yang jarang dipakai di era milenial seperti sekarang.

*Jingga Kelana, seorang arkeolog yang sekarang tinggal di Banyuwangi. Ia berusaha berkontribusi melestarikan budaya Jawa melalui hal-hal sederhana seperti dalam berpakaian.


Catatan : Ditulis oleh Jingga Kelana di puan.co tertanggal 25 November 2017
Sila klik http://puan.co/2017/11/permainan-bahasa-lokal-dalam-cerita-anak-milenial/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jepang I

diambil dari catatan Facebook, 17 Agustus 2010         Pepatah dalam bahasa Jepang disebut kotowaza (ことわざ)salah satunya nih, iwanu ga hana いわぬ が 花 artinya, tidak bicara itu bunga, maksudnya  diam adalah emas. "Aite no nai kenka wa dekinu" artinya Orang tak bisa bertengkar tanpa musuh. "Shippai wa seikou no moto" artinya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda "Hito no uwasa mo shici jyu go nichi"  (人の噂も七十五日) artinya, gosip/rumor hanya bertahan selama 75 hari alias gosip/rumor tidak akan bertahan lama.  "Sarumo ki kara ochiru" 猿も木から落ちる  artinya kera juga bisa jatuh dari pohon.  Sama artinya dengan sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga "Baka mo ichi-gei" 馬鹿 も いちげい artinya, orang bodoh pun punya kelebihan/kebaikan "Arashi no ato, sora ni niji ga kakarimashita" artinya Badai pasti berlalu "Onna sannin yoreba kashimashii" artinya: di mana pun ketika ada t

Buku Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia

Oleh: Tri Wahyuni Zuhri Judul  : Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia Penulis : Kurniawan Junaedhie Penerbit : Kosa Kata Kita Jakarta Jumlah hlm. : 338 Tahun : 2012 Buku yang di tulis oleh Kurniawan Junaedhie dan di terbitkan oleh Kosa Kata Kita Jakarta, memang cukup banyak di cari. Terutama karena buku ini memuat sekitar 800-an lebih profil perempuan pengarang dan penulis Indonesia.  Sejak zaman Saadah Alim, perempuan pengarang kelahiran 1897, hingga Sri Izzati, pengarang kelahiran 1995. Dalam kata pengantar di buku ini, Kurniawan Junaeid menjelaskan alasannya membuat buku Profil Perempuan Pengarang dan Penulis Indonesia.  Selama ini masih sedikit sekali buku  literatur yang menjelaskan sepak terjang perempuan pengarang dan penulis di Indonesia.  Sebut saja buku-buku tersebut antara lain Leksikon Kesustraan Indonesia Modern Edisi Baru (Djambatan, 1981) di susun oleh Pemusuk Eneste, Leksikon Susastra Indonesia (Balai Pustaka, 2000) yang di su

Puisi-Puisi William Butler Yeats Terjemahan Rini Febriani Hauri

Ketika Kau Menua KETIKA kau menua, kelabu dan pengantuk, terangguk-angguk di dekat pendiangan, ambillah buku ini, bacalah pelan-pelan dan khayalkan pandangan matamu, yang dahulu lembut dan bayangannya yang dalam; betapa banyak yang  mengagumi saat-saat riangmu, dan mencintai kemolekanmu dengan cinta murni ataupun palsu tetapi seorang lelaki mencintai  kesalehan di dalam dirimu, dan mencintai kemurungan roman wajahmu yang silih berganti; sambil membungkuk di samping besi pendiangan yang berkilauan bara api bergumam, sedikit sedih, betapa cinta terbang dan melayang ke atas puncak gunung nun jauh di sana lalu menyembunyikan wajahnya di tengah kerumunan bintang-bintang 1919 Menjelang Fajar KEMBARAN mimpikukah ini? perempuan yang lelap terbaring di sisiku dan bermimpi ini, ataukah kami telah membelah mimpi dalam naungan kilauan dingin pertama hari ini? pikirku: ‘Ada air terjun di sisi Ben Bulben yang kusayang sepanjang masa kecilku;

Rise For Holiday