Langsung ke konten utama

10 Tip Jitu Mencerahkan Wajah Secara Alami




Memiliki wajah yang cerah alami adalah impian banyak perempuan. Beragam cara pun pernah dilakukan para perempuan untuk mendapatkan wajah cerah alami, mulai dari perawatan rutin di rumah hingga perawatan ke dokter kulit. Tentunya, Sahabat Puan pernah merogoh kocek yang lumayan demi mendapatkan wajah yang cerah. Memang, ada anggapan bahwa wajah yang cerah berseri lebih enak dipandang daripada wajah kusam.

Sahabat Puan ingin memiliki wajah cerah alami tanpa harus menguras banyak uang? Ayo simak tips berikut ini!
  1. Menggunakan beras
Ternyata kandungan asam ferullic dan allontoin pada beras mampu melindungi kulit wajah dari kerusakan sekaligus mencerahkannya. Bila Sahabat Puan mencuci beras saat hendak memasak, air cucian beras itu bisa dimanfaatkan loh. Sisihkan air bekas cucian beras ke dalam wadah dan biarkan selama satu hari sampai mengendap! Endapan tersebut bisa digunakan sebagai masker wajah.
  1. Menggunakan bengkuang
Ada yang tahu mengapa banyak produk pemutih kulit menggunakan bahan dasar bengkuang? Ternyata bengkuang mengandung vitamin B1 dan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit secara alami. Nah, Sahabat Puan bisa membuat masker bengkuang di rumah. caranya mudah. 1) Parut/blender bengkuang secukupnya! 2) Peras dan tuangkan sari bengkuang ke dalam wadah! 3) Biarkan selama beberapa jam agar ada endapan dalam saripati tersebut! 4) Endapan bengkuang siap diapakai sebagai masker.
  1. Menggunakan lidah buaya
Ternyata, lidah buaya mengandung aloesin, yakni zat penghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap. Selain bagus untu kulit wajah, lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Cara perawatan alaminya pun sangat mudah. 1) Ambil gel pada daging lidah buaya! 2) Oleskan secara merata pada kulit wajah! 3) Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih!
  1. Menggunakan kentang
Antioksidan yang terkandung di dalam kentang ternyata berperan penting dalam menyamarkan flek/bintik hitam yang menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Kentang juga mampu mencerahkan wajah loh. Sahabat Pun bisa mengaplikasikannya sebagai masker wajah seperti bengkuang, yakni endapan saripati kentang yang digunakan sebagai masker.
  1. Menggunakan kulit jeruk
Ternyata kandungan vitamin C pada kulit jeruk lebih tinggi dibanding buahnya. Jadi, Sahabat Puan jangan langsung membuang kulit jeruk ya! Kulit jeruk ini bisa diolah menjadi masker wajah yang memiliki khasiat alami mencerahkan dan menghilangkan noda di wajah. Cara membuatnya sederhana saja. 1) Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering! 2) Tumbuk kulit jeruk hingga halus! 3) Campur dengan air hingga berbentuk pasta! 4) Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan! 5) Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat! Lakukan perawatan dua kali dalam seminggu!
  1. Menggunakan pisang
Pisang yang kaya vitamin C sangat efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara membuat masker wajahnya sederhana, 1) Haluskan 1 buah pisang hingga lembut dan tambahkan 1 sdm madu, lalu campur hingga rata! 2) Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20 menit! 3) Bilas dengan air bersih!
  1. Menggunakan jeruk nipis
Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini ternyata memiliki kandungan vitamin C berkadar tinggi. Beberapa studi menyebutkan bahwa sebutir jeruk nipis mengandung vitamin C sekitar 30 mg. Selain itu, jeruk nipis juga menyimpan kandungan flavonoid, vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B5 (asam patotenat), dan vitamin B9 (folat). Buah ini juga kaya akan mineral, yang terdiri dari kalium, magnesium serta kalsium.
Cara membuat maskernya sedrhana saja, Sahabat Puan. 1) Peras sarinya lalu oleskan pada seluruh wajah dan bilas setelah 15 menit! 2) Sahabat Puan bisa mengonsumsi jeruk ini secara langsung, yakni mengolahnya menjadi  minuman segar es jeruk nipis. Selamat mencoba!
  1. Menggunakan tomat
Kandungan lycopene atau senyawa antioksidan dalam tomat mampu menangkal radikal bebas dan membuat kulit wajah cerah berseri. Tomat ternyata juga mampu menjadi tabir surya alami pada kulit wajah. Cara membuatnya menjadi masker, yakni 1) Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah! 2) Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih!
  1. Menggunakan susu
Kandungan vitamin D pada susu dapat meningkatkan produksi kolagen pada wajah. Selain itu, kandungan vitamin B-6 nya berperan merawat kulit kering agar tetap lembap. Cara membuatnya sebagai masker wajah cukup sederhana. 1) Campur 2 sdm susu segar dan 1 sdm madu! Aduk rata dan gunakan sebagai masker, 2) Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat!
  1. Menggunakan teh hijau
Kandungan antioksidan pada teh hijau mampu menangkal radikal bebas, yakni mampu membuat mengangkat sel kulit mati. Untuk mencerahkan wajahmu, selain bisa menggunakan daun teh hijau segar, bisa juga menggunakan bubuk teh sebagai masker. Caranya sebagai berikut! 1) Campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air, 2) Gunakan sebagai masker dengan mengoleskan pada wajah! Jika menggunakan daun teh: 1) Rendam dalam air panas selama 15 menit! 2) Tunggu sampai agak dingin! 3) Oleskan air pada wajah!

NB: pernah dimuat di majalah puan tertanggal 25 April 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jepang I

diambil dari catatan Facebook, 17 Agustus 2010         Pepatah dalam bahasa Jepang disebut kotowaza (ことわざ)salah satunya nih, iwanu ga hana いわぬ が 花 artinya, tidak bicara itu bunga, maksudnya  diam adalah emas. "Aite no nai kenka wa dekinu" artinya Orang tak bisa bertengkar tanpa musuh. "Shippai wa seikou no moto" artinya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda "Hito no uwasa mo shici jyu go nichi"  (人の噂も七十五日) artinya, gosip/rumor hanya bertahan selama 75 hari alias gosip/rumor tidak akan bertahan lama.  "Sarumo ki kara ochiru" 猿も木から落ちる  artinya kera juga bisa jatuh dari pohon.  Sama artinya dengan sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga "Baka mo ichi-gei" 馬鹿 も いちげい artinya, orang bodoh pun punya kelebihan/kebaikan "Arashi no ato, sora ni niji ga kakarimashita" artinya Badai pasti berlalu "Onna sannin yoreba kashimashii" artinya: di mana pun ketika ada t

Buku Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia

Oleh: Tri Wahyuni Zuhri Judul  : Profil Perempuan Pengarang & Penulis Indonesia Penulis : Kurniawan Junaedhie Penerbit : Kosa Kata Kita Jakarta Jumlah hlm. : 338 Tahun : 2012 Buku yang di tulis oleh Kurniawan Junaedhie dan di terbitkan oleh Kosa Kata Kita Jakarta, memang cukup banyak di cari. Terutama karena buku ini memuat sekitar 800-an lebih profil perempuan pengarang dan penulis Indonesia.  Sejak zaman Saadah Alim, perempuan pengarang kelahiran 1897, hingga Sri Izzati, pengarang kelahiran 1995. Dalam kata pengantar di buku ini, Kurniawan Junaeid menjelaskan alasannya membuat buku Profil Perempuan Pengarang dan Penulis Indonesia.  Selama ini masih sedikit sekali buku  literatur yang menjelaskan sepak terjang perempuan pengarang dan penulis di Indonesia.  Sebut saja buku-buku tersebut antara lain Leksikon Kesustraan Indonesia Modern Edisi Baru (Djambatan, 1981) di susun oleh Pemusuk Eneste, Leksikon Susastra Indonesia (Balai Pustaka, 2000) yang di su

Puisi-Puisi William Butler Yeats Terjemahan Rini Febriani Hauri

Ketika Kau Menua KETIKA kau menua, kelabu dan pengantuk, terangguk-angguk di dekat pendiangan, ambillah buku ini, bacalah pelan-pelan dan khayalkan pandangan matamu, yang dahulu lembut dan bayangannya yang dalam; betapa banyak yang  mengagumi saat-saat riangmu, dan mencintai kemolekanmu dengan cinta murni ataupun palsu tetapi seorang lelaki mencintai  kesalehan di dalam dirimu, dan mencintai kemurungan roman wajahmu yang silih berganti; sambil membungkuk di samping besi pendiangan yang berkilauan bara api bergumam, sedikit sedih, betapa cinta terbang dan melayang ke atas puncak gunung nun jauh di sana lalu menyembunyikan wajahnya di tengah kerumunan bintang-bintang 1919 Menjelang Fajar KEMBARAN mimpikukah ini? perempuan yang lelap terbaring di sisiku dan bermimpi ini, ataukah kami telah membelah mimpi dalam naungan kilauan dingin pertama hari ini? pikirku: ‘Ada air terjun di sisi Ben Bulben yang kusayang sepanjang masa kecilku;

Rise For Holiday